Waduk Jatiluhur - Berbagi tempat wisata menarik
Headlines News :
Home » , , » Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Written By Priyayi Alit on Senin, 21 Mei 2012 | 08.26

Perasaan segar, tenang dan nyaman dirasakan di Jatiluhur. Rasanya benar-benar merdeka dari impitan keruwetan Jakarta ketika menginjakkan kaki di kawasan wisata Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (±9 km dari pusat Kota Purwakarta). Waduk Jatiluhur dapat dikunjungi melalui Jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di Gerbang Tol Jatiluhur, tepatnya di Kilometer 72.

Bendungan Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.

Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II. Selain dari itu Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya. Kalau ingin menghabiskan hari bermain air untuk kemudian berkemas dan kembali pulang, parkir saja kendaraan di pinggir waduk. Ada beberapa lokasi dengan bantaran waduk yang landai sehingga setiap orang bisa mendekati bibir waduk.

Keliling waduk dengan perahu menjadi pilihan yang banyak ditawarkan di sini. Perahu kayu bisa digunakan untuk dua-tiga orang atau lebih. Tarif perorangan dan rombongan juga berbeda. Pandai-pandai sajalah bernegosiasi dengan pemilik perahu.

Untuk anak-anak, ada pilihan asyik. Pertama, nikmati dulu petulangan naik “monorel” tepat di pinggir waduk. Monorel ini bergerak sekitar 4-5 meter di atas tanah dan ada stasiunnya juga. Namun, monorel ala Jatiluhur ini digerakkan dengan kayuhan layaknya sepeda, bukan dengan mesin. Maklum saja, monorel ini menyerupai becak dengan kapasitas penumpang dua orang per armada. Pilihan kedua, tentu saja Jatiluhur Water World (JWW). Fasilitas permainan air dan kolam renang cukup lengkap ada di sini. Orang tua dan remaja boleh ikut juga bermain di sini.

Di dalam JWW terdapat kolam renang berukuran standar olimpiade, kolam anak berikut fasilitas berseluncur khusus untuk anak, kolam kecil yang dangkal, juga ada kolam penerima untuk berseluncur dari kolam renang besar untuk orang dewasa. Permainan air makin seru dengan adanya wahana ember tumpah dan bungee trampoline. Di sini tersedia pula fasilitas bermain flying fox.

Menikmati JWW, tidak lengkap jika tidak bersantai di kompleks Grama Tirta Jatiluhur. Grama Tirta adalah kawasan wisata yang memiliki kompleks hotel dan resor, restoran menjorok ke arah waduk serta tepat berseberangan dengan bangunan bendungan, karaoke keluarga, dan kapal motor untuk keliling danau. Tak lupa taman-taman hijau dan pepohonan besar ada di sini. Tarif hotel dan bungalo terbilang murah dibandingkan dengan hotel bintang 3-5 di kawasan Puncak. Kamar hotel rata-rata cukup luas dan memiliki ruang tamu. Setiap bungalo terpisah oleh taman dan pohon. Jalan aspal mulus menghubungkan setiap fasilitas
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Toko Cantik Que Online merupakan toko online yang menjual produk fashion untuk wanita dan beberapa produk untuk pria. Kami menyediakan produk-produk fashion dengan kualitas dan harga yang bersaing. Penjualan kami melalui online dengan metode pembayaran melalui transfer. Kami membuka peluang kerjasama dengan cara dropshipping dan reseller offline bagi Anda yang berada diluar kota Karawang atau luar provinsi Jawa Barat dengan harga khusus

Terbaru di Priyayi Alit blog

 
Support : Creating Website | Johny Template
Copyright © 2012 - 2012. Berbagi tempat wisata menarik - All Rights Reserved
Template Modify by Priyayi Alit
Proudly powered by Blogger