Istano Baso - Berbagi tempat wisata menarik
Headlines News :
Home » , , » Istano Baso

Istano Baso

Written By Priyayi Alit on Sabtu, 09 Juni 2012 | 20.16

Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas. Sekitar 106 km dari Ibukota Provinsi Sumatera Barat, 5 km dari Kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar dan mudah dijangkau dengan sarana transportasi roda 2 dan roda 4. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan tunggak tuo (tiang utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Harun Zain. Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama, tetapi di lokasi baru di sebelah selatannya.

Pada akhir 1970-an, istana ini telah bisa dikunjungi oleh umum. Anehnya, pada 27 Februari 2007, Istano Basa terbakar lagi akibat petir yang menyambar di puncak istana. Akibatnya, bangunan tiga tingkat ini rata dengan tanah. Sebagian dokumen, serta kain-kain hiasan, juga ikut terbakar.
Diperkirakan hanya sekitar 15 % barang-barang berharga itu yang terselamatkan. Barang-barang yang lolos dari kebakaran, sekarang disimpan di Balai Benda Purbakala Kabupaten Tanah Datar.

Kini, Istano Basa Pagaruyung yang terbakar pada 2007, dibangun kembali tetapi bangunannya belum rampung. Biaya pendirian kembali istana ini diperkirakan lebih dari Rp 20 miliar. Harta pusaka Kerajaan Pagaruyung sendiri disimpan di Istano Silinduang Bulan, 2 kilometer dari Istano Basa.

Istano Silinduang Bulan, juga merupakan istana yang terletak di Nagari Pagaruyung. Didirikan di tapak istana lama yang sebelumnya terbakar pada 1966, dua kilometer sebelah utara Istano Basa. Saat ini Istano Silinduang Bulan masih dihuni oleh keluarga pewaris raja-raja Pagaruyung. Benda-benda pusaka Kerajaan Pagaruyung juga disimpan di sini. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Toko Cantik Que Online merupakan toko online yang menjual produk fashion untuk wanita dan beberapa produk untuk pria. Kami menyediakan produk-produk fashion dengan kualitas dan harga yang bersaing. Penjualan kami melalui online dengan metode pembayaran melalui transfer. Kami membuka peluang kerjasama dengan cara dropshipping dan reseller offline bagi Anda yang berada diluar kota Karawang atau luar provinsi Jawa Barat dengan harga khusus

Terbaru di Priyayi Alit blog

 
Support : Creating Website | Johny Template
Copyright © 2012 - 2012. Berbagi tempat wisata menarik - All Rights Reserved
Template Modify by Priyayi Alit
Proudly powered by Blogger