Gili Trawangan. - Berbagi tempat wisata menarik
Headlines News :
Home » , , » Gili Trawangan.

Gili Trawangan.

Written By Priyayi Alit on Sabtu, 02 Juni 2012 | 07.03

Gili Trawangan merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang berada di sebelah barat laut Lombok yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sekedar berbagi kata lain dari Gili adalah Pulau.

Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dari ketiga pulau kecil yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam.

Dari Lombok untuk mencapai gili-gili, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, dibutuhkan waktu cukup lama. Setibanya di Bandara Internasional Lombok Praya, Anda akan disambut cuaca panas terik. Sejauh mata memandang, hanya ada lapangan luas yang kering. Pemandangan di luar Bandara Internasional Lombok Praya sangat sepi dan tidak terlihat tanda kehidupan akan tampak beberapa toko di pinggir jalan yang hampir semuanya tutup.

Selepas dari bandara jalanan mulus dan bersih, layaknya jalan tol. Sesekali di pinggir jalan terlihat beberapa kuda atau sapi khas Sumbawa. Kuda-kuda dan sapi ini terlihat sangat berbeda dibanding yang ada di Pulau Jawa karena ukurannya yang kecil dan mini. Sekitar satu jam, pemandangan yang dihat hanyalah jalan lurus. namun tidak berapa lama jalanan akan berubah menjadi kelokan dan tanjakan dan pemandangan dikanan kiri jalan mulai terlihat bukit dan rimbunan pohon kelapa. Udara juga mulai terasa sejuk, tidak lagi panas dan gersang.

Dari sebelah kiri jalan, di antara rimbunan pohon kelapa akan terlihat warna biru yang indah, terdapat pesisir Pantai Senggigi yang indah. Jika semakin mendekat akan terlihat dari kejauhan tiga Gili, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Sebelah kiri jalan akan selalu terlihat pemandangan Pantai Senggigi, laut membentang luas seperti tidak ada ujungnya dengan pasir putihnya yang sesekali tertutup pepohonan kelapa.

Setelah tiba di pelabuhan Teluk Nara, tempat yang menghubungkan Lombok dengan Gili Trawangan, dan perjalanan menuju Gili Trawangan dilanjutkan dengan kapal motor. Perjalanan menuju Gili Trawangan akan memakan waktu 30 menit jika air laut sedang bersahabat dan akan berlabuh di Teluk Kode, pelabuhan yang ada di Gili Trawangan. Total perjalanan dari Bandara Internasional Lombok Praya menuju Gili Trawangan memang cukup lama, sekira 2,5 jam.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Toko Cantik Que Online merupakan toko online yang menjual produk fashion untuk wanita dan beberapa produk untuk pria. Kami menyediakan produk-produk fashion dengan kualitas dan harga yang bersaing. Penjualan kami melalui online dengan metode pembayaran melalui transfer. Kami membuka peluang kerjasama dengan cara dropshipping dan reseller offline bagi Anda yang berada diluar kota Karawang atau luar provinsi Jawa Barat dengan harga khusus

Terbaru di Priyayi Alit blog

 
Support : Creating Website | Johny Template
Copyright © 2012 - 2012. Berbagi tempat wisata menarik - All Rights Reserved
Template Modify by Priyayi Alit
Proudly powered by Blogger